<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Home » » KONTRAK PERKULIAHAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM 1

KONTRAK PERKULIAHAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM 1

KONTRAK PERKULIAHAN

1.      Nama Mata Kuliah             : ILMU PENDIDIKAN ISLAM 1
2.      Bobot                                 : 2 SKS
3.      Semester                            : 1
4.      Prodi                                  : PAI 1 dan PAI 2
5.      Kampus                             : STAIN WATAMPONE
6.      Dosen                                : Muh.Zahruddin.Hamzah.S.Pd.I.,M.Pd.I
7.      Blog                                   : ayyubhamzah.blogspot.co.id
8.      E-Mail                                : ayyubhamzah@gmail.com
9.      Contact                              : 085-255-039-024
10.  Capaian Pembelajaran       : Setelah Mengikuti Perkuliahan, Mahasiswa Memahami Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam dan Mengaplikasikannya Dalam Proses Pembelajaran
11.  Kemampuan Akhir Pembelajaran  : Mahasiswa Memiliki Wawasan Tentang Pengertian Pendidikan Islam; Ruang Lingkup Pendidikan Islam,; Dasar Pendidikan Islam; Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam; Lapangan Pendidikan Islam; Faktor Determinan Pendidikan Menurut Tinjauan Pendidikan Islam; Konsep Pendidikan Seumur Hidup dalam Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam di Madrasah dan Sekolah
12.  Pendekatan dan Strategi Pembelajaran : Strategi pembelajaran menggunakan pendekatan active learning, yaitu memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam proses perkuliahan.      
13.  Bahan Kajian                                 :
NO
MATERI BELAJAR
PERTEMUAN KE-
1.
Kontrak Perkuliahan
I
2.
Pengertian Pendidikan Islam (Tarbiyah,Taklim,Takdib)
II
3.
Ruang Lingkup Pendidikan Islam
III
4.
Dasar Pendidikan Islam (Al-Quran dan Sunnah)
IV
5.
Tanggung Jawab Pendidikan Islam
V
6.
Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam
VI
7.
Keterpaduan Pendidikan Islam (Rumah Tangga, Masyarakat, dan Sekolah/Madrasah
VII
8.
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
VIII
9.
Faktor Determinan Pendidikan Menurut Tinjauan Pendidikan Islam :
a.       Tujuan Pendidikan Islam
IX
10.
b.      Guru Dalam Pandangan Pendidikan Islam
X
11.
c.       Murid dalam Pandangan Pendidikan Islam
XI
12.
d.      Materi Pendidikan dalam Pandangan Pendidikan Islam
XII
13.
e.       Metode Pendidikan dalam Pandangan Pendidikan Islam
f.       Alat Pendidikan dalam Pandangan Pendidikan Islam
XIII
14.
Konsep Pendidikan Seumur Hidup dalam Pendidikan Islam
XIV
15.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah dan Sekolah
XV
16.
UJIAN AKHIR SEMESTER
XVI

14.  Ketentuan Makalah            :  Agar Mahasiswa Terbiasa dengan Ketentuan Penyusunan Tugas Akhir / Skripsi STAIN Watampone, Maka Makalah Mengikuti Ketentuan Sebagai Berikut :
a.       Struktur Makalah Terdiri atas 3 Bab (BAB I Pendahuluan, BAB II Pembahasan, BAB III Kesimpulan)
b.      Makalah diPrint di Atas Kertas A4, Spasi 1.5, Font TimesNewRoman, FontSize 12, Jumlah Lembar Makalah Minimal 8 Halaman
c.       Diskusi Kelompok Dimulai Pada Pertemuan Berikutnya (Setelah Kontrak Perkuliahan)
d.      Kelompok Diskusi Dibagi Berdasar Jumlah Mahasiswa Dengan Materi Belajar (Contoh : 25 : 13)
e.       Jika Jumlah Anggota Per Kelompok Dirasa Sedikit, Maka Kelompok Diskusi Berlangsung Dua Kali :
1.      Materi Ke 2 – 7 dibagi Jumlah Mahasiswa
2.      Materi Ke 9 – 15 dibagi Jumlah Mahasiswa
15.  Aspek Penilaian/Evaluasi   :
a.       Makalah                       : 30 % (Nilai Maksimum 100)
b.      Presentasi dan Diskusi : 25 % (Nilai Maksimum 100)
c.       UTS                             : 20 % (Nilai Maksimum 100)
d.      UAS                             : 25% (Nilai Maksimum 100)
16.  Ketentuan Lainnya                                    :
a.       Toleransi Keterlambatan 15 Menit Setelah Perkuliahan dimulai
b.      Pakaian yang sopan, sesuai etika yang dianut STAIN Watampone
c.       Dibolehkan membawa Notebook atau Sejenisnya
d.      Tugas yang diberikan, Dikirim dalam bentuk SoftCopy Via E-Mail (Sehari Sebelum Presentasi)

e.       Makalah diGandakan Untuk Peserta Diskusi Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan (Perkelompok atau Perorangan)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2012. Belajar & Berbagi . All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website. Inspire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger